UEFA Izinkan Atletico Madrid Mainkan Thibaut Courtois Lawan Chelsea - pengetahuanku, ada disini!!!

Senin, 21 April 2014

UEFA Izinkan Atletico Madrid Mainkan Thibaut Courtois Lawan Chelsea






UEFA memberikan lampu hijau kepada Atletico Madrid untuk memainkan Thibaut Courtois dalam laga melawan Chelsea. Sebelumnya, kiper Belgia tersebut terganjal dengan perjanjian antara kedua klub yang menyebutkan, ATM mesti membayar 3 juta Euro per pertandingan jika sang kiper tampil melawan klub asalnya.
Thibaut Courtois sendiri merupakan kiper masa depan Chelsea. Ia dipinjamkan keAtletico Madrid selama tiga tahun beruntun demi menimba pengalaman. Dan kini di semifinal Liga Champions, Courtois akan menjalani dilema. Di satu sisi ia mesti membela ATM yang berpeluang mengikuti jejak Borussia Dortmund. Dan di sisi lain, ia mesti melawan klub yang mengupahnya.
Jumat (11/4) lalu UEFA merilis statemen yang berbunyi, “integritas kompetisi olahraga adalah prinsip fundamental bagi UEFA.Baik regulasi Liga Champions maupun kode disiplin UEFA berisi ketentuan yang secara ketat melarang setiap klub untuk mengerahkan (atau berusaha mengerahkan) pengaruh apa pun terhadap pemain atau klub lain sehingga tidak bisa tampil dalam sebuah pertandingan.”
“Oleh karenanya, semua ketentuan dalam kontrak pribadi antara dua klub yang mungkin berfungsi sedemikain rupa untuk mempengaruhi siapa saja yang bisa diturunkan sebuah klub, batal, dan tidak bisa dilakukan.”
“Lebih jauh, setiap upaya untuk memaksakan ketentuan kontrak pribadi tersebut akan menjadi pelanggaran yang jelas terhadap regulasi Liga Champions dan kode disiplin UEFA. Dengan demikian, klub yang melakukannya akan mendapatkan sanksi yang sesuai.”
Masalah ini muncul ketika Atletico Madrid ‘mengumumkan’ tidak bisanya mereka memakai Thibaut Courtois jika bersua Chelsea. Dalam detail kontrak, dijelaskan mereka mesti membayar 3 juta Euro per pertandingan, atau setara dengan 6 juta Euro dalam dua leg. Presiden ATM, Enrique Cerezo, mengakui pihaknya tidak memiliki cukup uang untuk membayar sejumlah angka tersebut